Search this blog

Minggu, 10 Juli 2011

Amerika dalam Kaca Mata Anak Bangsa

Amerika (BeritaKota.net) – Tahun 2009-2010 mungkin merupakan tahun yang tidak terlupakan bagi 99 siswa-siswi Indonesia yang tergabung dalam program YES (Youth Exchange & Study) program 2009/2010. Program yang terselenggara mulai tahun 2003 pasca terjadinya tragedi WTC di Amerika Serikat.
Program ini bertujuan memberikan jembatan bagi Amerika Serikat dengan Negara-negara yang mayoritas muslim penduduknya. Seperti Mesir, Ghana, Mozambik, Malaysia, Thailand, Arab Saudi, India dan tidak ketinggalan pula Indonesia.
Selain dalam rangka pertukaran budaya, program ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi warga Amerika Serikat tentang Islam yang sebenarnya yang mungkin terjadi beberapa misunderstanding di dalamnya.
Sekitar 400 pelajar dari berbagai Negara di atas di sebar di seluruh Negara bagian di Amerika serikat, Salah satunya siswa asal Indonesia Ahmad Fathul Aziz, siswa SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang yang di tempatkan di Hillsboro, Oregon Amerika Serikat. “A Great Experience Can Living Here”.
Abdul AzizSeluruh siswa siswi ini tinggal bersama host family ( Keluarga Asuh ), mendapatkan pengajaran di sekolah-sekolah formal yang ada di daerah setempat sehingga di harapkan siswa dapat bersosisalisasi menjalin hubungan baik dengan warga setempat.
Banyak warga Amerika serikat yang belum kenal bahkan mendengar kata Indonesia. Hal ini merupakan tugas berat dan tantangan bagi pelajar Indonesia untuk mempromosikan Negara tercinta Indonesia.
Namun ada cerita unik di balik itu semua. Bencana gempa yang terjadi di Padang, Sumatra Barat baru-baru ini banyak menyita mata warga Amerika Serikat.
Ahmad Fathul Aziz mengatakan, “Saya mengetahui bencana gempa di Padang dari Host Family ketika pamitan hendak berangkat ke sekolah, guru-guru, serta teman-teman di sekolah, mereka khawatir dan menanyakan keadaan keluarga di Indonesia”.
Abdul Aziz 01Hal itu membuktikan bahwa tingkat kepedulian serta kepekaan warga Amerika Serikat cukup tinggi, mereka juga mempunyai rasa toleransi yang tinggi dalam beragama.
“Mudah-mudahan tugas berat yang di emban siswa-siswi Indonesia dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Amien,” ujar Fathul Aziz dengan nada doa yang kangen kampung halamannya di Jombang. (brt).
Keterangan foto: Paling atas Ahmad Fathul Aziz siswa yang beruntung dari SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang depan kampus Hillsboro, Oregon Amerika Serikat. Tampak pula foto bawah, Fathul Aziz berpose bersama rekan mahasiswa negara lain yang berkesempatan belajar di Amerika Serikat. BeritaKota.net/Ziz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar